Selasa, 01 Juli 2014

Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP


Pembelajaran menggunakan diskusi kelompok sudah sering dilakukan oleh guru, tetapi pembelajaran yang bagaimanakah yang memenuhi pembelajaran kooperatif yang perlu diketahui oleh guru?

Selain itu, materi-materi apakah yang “sesuai” apabila menggunakan pembelajaran kooperatif? “Sesuai” disini dalam arti dapat diterapkan di kelas dan mendapatkan hasil yang optimal. Menurut Anita dalam Cooperative Learning (2002), situasi dalam kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa sehingga siswa
mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksi ini, akan terbentuk suatu komunitas yang memungkinkan mereka untuk memahami proses belajar dan memahami satu sama lain. Diharapkan, guru dapat menciptakan situasi belajar sedemikian rupa sehingga siswa dapat bekerjasama dalam kelompok serta mengembangkan wawasannya tentang pembelajaran kooperatif. Melalui pembelajaran kooperatif, diharapkan guru dapat mengelola kelas dengan lebih efektif.
Modul ini ditulis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam:
1. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Divisions) yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran;
2. memfasilitasi guru dalam pertemuan MGMP dalam hal mengidentifikasi materi pembelajaran dalam Standar Isi Permendiknas No. 22 Tahun 2006 yang dapat diterapkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penulis Dra. Th. Widyantini, M.Si
Pembelajaran menggunakan diskusi kelompok sudah sering dilakukan oleh guru, tetapi pembelajaran yang bagaimanakah yang memenuhi pembelajaran kooperatif yang perlu diketahui oleh guru? Selain itu, materi-materi apakah yang “sesuai” apabila menggunakan pembelajaran kooperatif? “Sesuai” disini dalam arti dapat diterapkan di kelas dan mendapatkan hasil yang optimal. Menurut Anita dalam Cooperative Learning (2002), situasi dalam kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa sehingga siswa
mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksi ini, akan terbentuk suatu komunitas yang memungkinkan mereka untuk memahami proses belajar dan memahami satu sama lain. Diharapkan, guru dapat menciptakan situasi belajar sedemikian rupa sehingga siswa dapat bekerjasama dalam kelompok serta mengembangkan wawasannya tentang pembelajaran kooperatif. Melalui pembelajaran kooperatif, diharapkan guru dapat mengelola kelas dengan lebih efektif.
Modul ini ditulis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam:
1. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Divisions) yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran;
2. memfasilitasi guru dalam pertemuan MGMP dalam hal mengidentifikasi materi pembelajaran dalam Standar Isi Permendiknas No. 22 Tahun 2006 yang dapat diterapkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

DOWNLOAD Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP

Mohon masukan dan saran perbaikan paket fasilitasi KKG MGMP Matematika ini. Silahkan mengirim komentar di form di bawah ini.
Paket modul ini dapat disebarluaskan untuk kepentingan non-komersial dengan mencantumkan sumber asli p4tkmatematika.com
Daftar Lengkap Fasilitasi KKG MGMP Matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar